Area yang Wajib Diberi Epoxy

Sangat Penting, Inilah 5 Area yang Wajib Diberi Epoxy

  • No Comments

Epoxy merupakan material penguat lantai yang kini sangat populer di kalangan masyarakat. Hampir setiap bangunan yang memiliki kapasitas besar selalu menggunakan bahan epoxy pada permukaan lantainya. Bukan tanpa alasan, epoxy lantai memiliki banyak manfaat yang sangat penting dalam struktur bangunan. Terbuat dari campuran resin dan hardener kehadirannya bahkan mampu menjadikan beton menjadi lebih kuat hingga 2 kali lipat. Dengan campuran bahan yang bersifat fleksibel, ternyata penggunaannya tidak hanya penting untuk beton namun sangat memungkinkan juga jika digunakan di atas permukaan bahan keramik.

Untuk harga epoxy untuk lantai merupakan material yang tergolong cukup terjangkau. Meski terbuat dari bahan-bahan berkualitas, namun material ini dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian Anda tak perlu khawatir akan mengeluarkan banyak beban biaya dalam penggunaannya. Selain itu jika ditinjau dari jangka waktu yang lama, bahan epoxy mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya tanpa perlu merasa khawatir akan terjadi kerusakan dan mengeluarkan beban biaya dikemudian hari.

Meski hampir semua bangunan sudah menggunakan epoxy, namun ada beberapa area yang ternyata tidak boleh sampai terlewatkan untuk menggunakan epoxy. Dan inilah 5 area wajib yang harus menggunakannya, diantaranya adalah sebagai berikut!

5 Area yang Wajib Diberi Epoxy

1. Area Parkir

Area Parkir

Terbuat dari campuran bahan pengeras dan perekat yang super berkualitas, epoxy sangat wajib digunakan di area parkir. Meski beton memiliki struktur yang kuat, namun terkadang beton dapat mengalami retak yang cukup parah apabila terus menerus dibebankan dengan banyak bobot kendaraan yang berat. Untuk menjadikan beton memiliki kekuatan lebih ekstra, maka sangat penting untuk mengaplikasikan epoxy di atas permukaannya.

2. Area Basement

Area Basement

Basement merupakan lahan parkir yang berada di bagian lantai bawah suatu bangunan. Area basement biasanya akan jarang terpapar oleh sinar matahari yang akhirnya membuat udara di sekitarnya menjadi sangat lembab. Kelembaban yang terjadi di area basement seringkali menjadikan permukaan lantai menjadi rembes dan jebol, jika dibiarkan tentu saja hal itu akan sangat berbahaya hingga beresiko membuat struktur lantainya menjadi jebol dan roboh.

Untuk menghindari hal tersebut, maka sangat wajib untuk menggunakan epoxy pada lantai. Tidak hanya sekedar menguatkan permukaan lantai beton, namun kehadiran epoxy akan melindungi dan menstabilkan suhu lembab agar tidak merusaka lapisan lantai.

3. Tempat Parkir Pesawat

Tempat landasan pesawat sangat wajib untuk menggunakan epoxy. Sama halnya dengan kendaraan mobil dan motor, pesawat merupakan jenis kendaraan udara yang memiliki bobot sangat berat. Hal itu tentu dapat kita lihat dengan sangat jelas di mana pesawat sendiri mampu menampung kapasitas orang banyak hingga ratusan juta jiwa. Dengan mengaplikasikan epoxy, lantai beton akan semakin kuat hingga berkali-kali lipat. Tak hanya itu, permukaan lantai yang menggunakan epoxy pasti akan memiliki tekstur yang elastis dan juga kesat. Dengan demikian, aktivitas lepas landas pesawat pun akan terasa semakin mudah untuk dilakukan.

4. Gudang

Gudang

Seperti yang kita tahu, gudang merupakan area khusus untuk menyimpan peralatan atau bahan-bahan dengan beban yang cukup berat. Area pergudangan sangat membutuhkan epoxy lantai guna menjadikan lantai tetap bertahan meski terus dibebankan dengan beragam peralatan yang berat. Selain itu, hadirnya epoxy juga akan sangat menguntungkan sehingga mampu menghilangkan kesan kumuh dan kotor yang begitu melekat pada area gudang.

5. Tempat Produksi atau Pabrik

Pabrik

Kegiatan industri atau proses produksi di dalam pabrik pasti selalu identik dengan beragam kegiatan untuk mengolah bahan menjadi sesuatu yang menghasilkan dan siap pakai. Saat kegiatan berlangsung, tidak dapat dipungkiri pasti akan ada selalu bahan kimia atau alat yang membuat permukaan lantai menjadi rusak. Maka dari itu, permukaan lantai di area produksi atau pabrik sangat wajib menggunakan epoxy. Epoxy akan berperan penting dalam melindungi lantai dari kerusakan akibat terpapar bahan kimia ataupun gesekan dan benturan alat berat.

About Author

0 Comment

SUBMIT COMMENT HERE

:*
:*