Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Bahan Baku Produksi Barang Interior

  • No Comments

Sampah merupakan salah satu masalah pelik yang tak ada habisnya. Setiap harinya, ribuan ton dapat diproduksi dari hasil rumah tangga masyarakat. Namun demikian, kesadaran dalam mengolah sampah pun belum terlalu tinggi. Untuk sekadar memisahkannya pun masyarakat masih sering lupa, atau mungkin malas, karena belum terbiasa.

Sampah Organik dan Anorganik

Setiap harinya 75% sampah organik dan 25% sampah non-organik diproduksi. Sampah organik merupakan jenis sampah sisa makanan atau tanaman yang mudah lumat dan diurai lingkungan. Hanya saja, sampah jenis ini kerapkali menjadi sumber polusi udara, karena mengeluarkan bau tidak sedap. Padahal, limbah sampah organik dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos, jika dikelola dengan layak.

Sampah anorganik adalah bermacam-macam jenis sampah non hayati, termasuk barang-barang sintetik dan pengolahan hasil tambang. Yakni barang-barang dengan bahan dasar plastik, kaleng, kaca dan sebagainya. Kalian bisa mendapati sampah anorganik dalam bentuk kecil seperti botol minuman (kaleng, plastik, kaca), kantong kresek, tempat pensil, juga dalam bentuk besar seperti movable partition murah dari plastik atau kaca.

Pemanfaatan Limbah Plastik

Limbah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang paling tidak ramah lingkungan dan sangat sulit diuraikan. Bahkan dibutuhkan waktu 50 sampai 100 tahun agar sampah plastik bisa terurai!! Tentu saja ini bisa menjadi ancaman lingkungan hidup yang serius. Karena itulah, telah digalakkan kampanye untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Seperti menghentikan penggunaan kantong belanja plastik, sedotan serta peralatan makan plastik sekali pakai.

Padahal, limbah plastik juga dapat dimanfaatkan kembali dengan daur ulang. Tindakan daur ulang tersebut akan membuat limbah plastik yang sudah tidak memiliki nilai, dapat kembali dimanfaatkan dan bernilai jual. Botol-botol minum plastik dapat didaur ulang kembali menjadi tempat pensil meja, pigura, dan lain sebagainya. Ada banyak tutorial kreativitas do it yourself (DIY) yang dibagi di channel youtube untuk menciptakan barang-barang baru untuk memanfaatkan limbah plastik.

Namun bukan hanya itu saja. Sebetulnya, limbah plastik dapat dijadikan lahan bisnis yang memberikan keuntungan besar. Apalagi jika limbah plastik tersebut bisa dijadikan bahan baku oleh pabrik yang memproduksi barang berbahan dasar plastik, misalnya produk interior movable partition murah dari material plastik.

Untung Berlipat Dengan Membuat Bank Plastik

Salah seorang pebisnis yang berhasil memanfaatkan limbah plastik adalah Indra Novinsyah, seorang sociopreneur yang berhasil menjadi milyarder dari bisnis pemanfaatan daur ulang limbah plastik. Menggeluti bisnis sampah sejak 2008, Indra Noviansyah sudah menjadi eksportir besar bijih sampah plastik. Awalnya Indra mengumpulkan sampah dari masyarakat sekitar dan juga membelinya dari pemulung. Indra juga menyediakan tempat-tempat sampah plastik dari warga yang disebut dengan bank sampah.

Baca juga: Daftar Harga Lantai Granit Indogress Terbaru 2019

Selain itu, Indra juga bekerja sama dengan sekolah melalui OSIS dengan cara yang sama. Indra menyediakan bank sampah, lalu akumulasi sampahnya kemudian dia beli. Uang hasil penjualan sampah pada Indra dapat dimanfaatkan untuk operasional sekolah. Cara tersebut Indra terapkan juga saat menjalin kerja sama dengan hotel, restoran, dan unit bisnis lain.

Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Bijih Plastik

Limbah sampah plastik yang terkumpul, kemudian diolah agar siap disalurkan ke pabrik dengan cara berikut ini:

  • Pertama-tama Limbah plastik tersebut disortir berdasarkan jenis dan warnanya agar tidak tercampur.
  • Limbah plastik kemudian dibersihkan dan dikeringkan.
  • Setelah limbah plastik bersih dan kering, limbah plastik lalu diolah menggunakan mesin pencacah hingga menjadi potongan-potongan kecil bijih plastik.

Bijih plastik itulah yang kemudian disalurkan ke pabrik-pabrik plastik dalam negeri, bahkan diekspor hingga keluar negeri. Bijih plastik dapat dijadikan bahan baku berbagai barang interior seperti  kursi, lemari, bahkan movable partition murah dan barang kebutuhan lainnya.

Partisi bongkar pasang memang memiliki kelebihan sendiri, dimana tampilannya menarik dan juga mudah digunakan. Namun demikian, sebaiknya gunakan jasa pasang movable partition untuk mendapatkan hasil pemasangan yang maksimal.

About Author

0 Comment

SUBMIT COMMENT HERE

:*
:*