Kekuatan Konstruksi pada Bangunan

Mengenal Lebih Jauh Aspek – Aspek Kekuatan Konstruksi pada Bangunan

  • No Comments

Semakin majunya zaman membuat bangunan di muka bumi ini semakin banyak dan berkembang. Dahulu bangunan hanya terbuat dari kayu dan beratap jerami saja, dibandingkan sekarang bangunan sudah mulai memakai bahan – bahan seperti batu bata, beton, semen, genteng, besi, baja dan masih banyak lagi bahan lainnya. Kemajuan teknologi juga membuat bangunan memiliki struktur dan konstruksi yang kokoh.

Konstruksi pada bangunan merupakan elemen yang terpenting, supaya bangunan yang diciptakan bertahan lama. Lalu apa saja aspek – aspek yang mempengaruhi kekuatan konstruksi pada bangunan? Berikut penjelasannya di bawah ini.

Konstruksi pada Pondasi

Pondasi merupakan konstruksi yang berada di bawah bangunan dan berfungsi sebagai penopang seluruh beban pada bangunan. Pastikan pondasi yang dibuat pada konstruksi bangunan haruslah kuat dan juga kokoh. Di dalam pembuatan pondasi wajib memperhatikan kualitas bahan yang dipakai, karena hal itu akan mempengaruhi kekuatan dari pondasi tersebut.

Konstruksi pada Dinding

Dinding merupakan konstruksi bangunan yang letaknya di bagian atas dari sloof dan berfungsi untuk melindungi interior pada ruangan serta untuk menambah keindahan saja. Posisi dari dinding yang berada di tengah konstruksi bangunan membuatnya memiliki peran sebagai penopang beban dari bangunan yang berada tepat di atas dinding tersebut. Menurut komposisi bahannya dinding dibagi 3 (tiga) jenis yaitu, dinding kayu / bambu, dinding perpaduan antara kayu dan beton serta yang terakhir adalah dinding bata / beton.

Konstruksi pada Balok Ringan

Balok ringan biasanya terbuat dari bahan beton dan diletakkan tepat di bagian atas dinding dan berfungsi sebagai oegikat dinding supaya tetap stabil serta sebagai pengunci ujung atas dari kolom. Selain itu, konstruksi pada balok ringan juga bermanfaat untuk meneruskan beban dari bangunan mulai atap terus ke kolom dan akhirnya menuju ke bagian pondasi.

Konstruksi pada Kuda – Kuda

Konstruksi kuda – kuda merupakan sebuah rangka di bagian atas bangunan dan berada di antara atap dan balok ringan. Fungsinya untuk menahan struktur dari atap seperti usuk, genteng dan reng agar selalu stabil. Sekarang ini selain kuda – kuda yang terbuat dari bahan kayu, mulai dibuat kuda – kuda dengan bahan dasar baja ringan.

Konstruksi pada Atap

Atap merupakan konstruksi yang terletak paling atas dari sebuah bangunan. Pada umumnya, atap ini memiliki fungsi sebagai pelindung bagian dalam dari bangunan dari panas, angin, hujan, salju dan cuaca ekstrim lainnya. Selain itu, atap juga memiliki fungsi sebagai pelindung keamanan pada bangunan dan sesuai dengan perkembangannya sekarang ini desain dari atap dapat mempengaruhi keindahan dari suatu bangunan.

Konstruksi pada Lantai

Lantai menjadi konstruksi pada bangunan yang berada di dalam dan menjadi konstruksi dasar. Fungsi dari lantai sebagai pelengkap keindahan pada bangunan itu sendiri, sebagai penunjang aktivitas serta pembentuk karakter pada suatu ruang. Sekarang ini banyak sekali kreasi lantai yang dikembangkan, seperti epoxy. Jika Anda ingin memperindah lantai pada rumah atau kantor bisa memakai jasa epoxy lantai untuk membuat tampilan lantai berbeda dari sebelumnya.

Sebenarnya masih banyak aspek yang mempengaruhi kekuatan kontruksi bangunan. Namun yang perlu diperhatikan adalah aspek – aspek yang telah dibahas di atas tadi. Apalagi jika Anda ingin membuat konstruksi lantai lebih kuat, maka bisa menggunakan floor hardener sika yang berfungsi sebagai penahan rembesan air yang berasal dari bawah tanah.

About Author

0 Comment

SUBMIT COMMENT HERE

:*
:*