Plafon Untuk Rumah

Masih Galau Memilih Plafon Untuk Rumah Kamu? Temukan Jawabannya Di sini!

  • No Comments

Langit-langit, awang-awang atau bagaimana pun kamu menyebutnya, pastinya rumahmu butuh plafon kan? Selain menutup rangka atap dan menahan kotoran dari atas, plafon juga bisa berfungsi sebagai peredam panas, memperbaiki sirkulasi udara dan peredam kebisingan. Yang pasti, plafon yang kamu pilih bakal memengaruhi kesan ruangan dalam rumah kamu. Kesan yang ditimbulkan plafon juga akan berbeda tergantung tipe, jenis dan bahannya loh! Yuk pilih-pilih jenis plafon dulu, sebelum kamu memutuskan untuk memasang yang mana.

Jenis-Jenis Plafon Rumah

Untuk menghadirkan ruangan yang nyaman dan indah, pemilihan plafon harus dilakukan dengan cermat. Ada dua hal nih yang harus kamu pertimbangkan. Pertama, kamu harus memperhatikan budget dan  bahan pembuat plafon, seperti triplek, eternit atau serat mineral rockwool untuk plafon akustik.

Kedua, pastikan juga pemasangannya harus tepat ya. Sebaiknya gunakan jasa pasang plafon akustik dan plafon jenis lain yang profesional, agar tercipta harmonisasi dengan konsep interior ruangan. Jadi rumah kamu bakal terasa makin homey.

Nah, kalau kamu masih galau untuk menjatuhkan pilihan, yuk simak plus minus plafon yang tersedia di pasaran.

1. Plafon Triplek

 

Plafon Triplek

Triplek memang jadi material plafon primadona karena ringan, mudah dipasang, tersedia dalam jumlah banyak dan harganya terjangkau. Ketebalannya tersedia dari ukuran 3mm – 6mm dengan ukuran 122 cm x 244 cm. Bisa dipasang secara utuh atau pun dibagi menjadi empat bagian.

Tapi sayang, triplek jelas gak tahan api dan air. Ukurannya yang terlalu tipis bakal membuat plafon terlihat menggembung akibat instalasi listrik. Plafon triplek juga bakal butuh maintenance ekstra. Kamu harus mengecat ulang karena setelah beberapa lama, biasanya triplek akan berwarna kekuningan.

2. Plafon Eternit

 

Plafon Eternit

Eternit biasanya terbuat dari campuran asbestos dan semen. Bahan ini murah, ringan, bisa menyejukkan ruangan dan tahan air juga api. Namun eternit memang agak ringkih ya, karena mudah retak dan rapuh. Nah, meski punya banyak kelebihan, bahan ini sebaiknya tidak dipakai karena terbukti mengandung racun karsinogen yang berbahaya untuk kesehatan.

3. Plafon GRC

 

Plafon GRC

Kalau kamu sudah terlanjur jatuh hati sama plafon eternit, jangan sedih dulu. Ada kok material plafon yang speknya sama dengan eternit, tapi tetap aman untuk dipakai. Namanya Glassfiber Teinforced Cement Board atau GRC. Bedanya, GRC punya ukuran yang lebih besar dibanding eternit. Untuk pemasangannya juga terbilang sulit karena bahannya sangat rapuh. Makanya kamu bakal butuh jasa pasang plafon akustik dan jenis plafon rumah lain, yang profesional di bidangnya untuk mendapatkan hasil yang rapi.

4. Plafon Gypsum

 

Plafon yang satu ini biasanya jadi pilihan wajib untuk rumah dengan desain modern dan minimalis. Plafon gypsum diminati karena mudah didapatkan, harga yang bersaing, pengerjaan cepat dan rapi dan tersedia dalam pilihan rangka yang bervariasi. Tipe plafon gypsum juga punya banyak variasi lagi. Bisa dijadikan plafon berbentuk drop ceiling, bentuk dome atau tray ceiling. Cuma plafon gypsum yang cantik ini gak tahan air. Jadi kalau atap rumah kamu bocor, bisa jadi plafon gypsummu ambruk kalo tidak cepat ditangani. Soalnya plafon bakal menjadi berat karena terlalu banyak menyerap air.

5. Plafon Akustik

Plafon Akustik

Plafon yang satu ini terbuat dari serat mineral rockwool yang memiliki daya redam kualitas nomor satu. Cocok banget buat kamu yang suka ketenangan. Memasangnya cepat dan mudah kok. Rangka plafon ini juga tersedia dalam banyak pilihan, mulai dari kayu sampai metal. Cuma memang harganya relatif mahal ya, udah gitu tidak semua toko yang jual plafon akustik.

6. Plafon Metal

 

Kalau kamu punya budget lebih, boleh nih mencoba plafon dengan material metal. Dijamin tahan lama, anti rayap dan air dan punya motif yang bisa disesuaikan dengan interior rumah.

Nah, sekarang udah gak galau lagi kan mau pilih plafon yang mana? Tinggal sesuaikan dengan budget, kebutuhan dan desain rumah kamu!

About Author

0 Comment

SUBMIT COMMENT HERE

:*
:*