Hal yang Diperhatikan Untuk Merawat Movable Partition

Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Merawat Movable Partition

  • No Comments

Sebagai bagian dari sebuah konstruksi non permanen, partisi geser atau yang lebih sering pula disebut dengan movable partition tentu memiliki tingkat keausan yang tinggi dibandingkan dengan partisi permanen. Penyekat ruangan berbentuk geser ini akan lebih sering dipindah-pindah dan dibongkar pasang untuk memenuhi fungsi ruangan yang diinginkan.

Tingginya mobile atau pergerakan partisi geser, tentu saja menyebabkan risiko kerusakannya pun menjadi lebih tinggi. Cara pengoperasian yang keliru, penyimpanan yang tidak tepat, atau pada proses pengaplikasiannya sendiri yang terlampau sering, dapat membuat materialnya menjadi lebih rentan untuk mengalami kerusakan. Untuk memperpanjang umur partisi geser supaya pemanfaatannya dapat dilakukan pada jangka waktu yang lama, maka tentu saja perawatan mutlak dibutuhkan. Selain membuat partisi geser menjadi lebih awet, perawatan yang tepat juga membuat benda ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Nah kira-kira untuk perawatannya sendiri, apa saja yang perlu diperhatikan dan juga dilakukan supaya partisi geser lebih tahan lama? Berikut ulasannya lengkapnya.

Empat Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Merawat Movable Partition

Dalam merawat sebuah partisi geser, yang perlu diperhatikan adalah keseluruhan sistem pengoperasiannya. Baik itu saat pengaplikasiannya, saat penyimpanan, saat instalasi, atau bahkan yang paling krusial saat memindahkannya dari satu posisi ke posisi yang lain. Semua aspek-aspek harus mendapat perhatian penuh supaya fungsi dan umur dari partisi geser tetap dapat bertahan hingga jangka waktu yang panjang.

Hal yang Diperhatikan Untuk  Merawat Movable Partition

Lantas kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan dalam merawat movable partition? Berikut adalah beberapa tips utamanya;

Maintenance Secara Berkala

Maintenance atau perawatan harus dilakukan secara rutin dan teratur. Pengecekan kondisi panel partisi secara menyeluruh, pengecekan fungsi roda-roda, serta juga yang tak kalah penting adalah memastikan rangka yang menjadi pengunci panel-panel partisi untuk tetap simetris dan kuat sesuai dengan desain awalnya. Karena intensitas penggunaan yang tinggi biasanya akan menimbulkan bend pada rangka partisi, dan jika sudah ada indikasi bend, maka fungsinya akan sangat terganggu.

Prosedur Pengoperasian yang Sistematis

Problem pada partisi geser pada umumnya seringkali muncul pada saat dioperasikan atau sedang digunakan. Cara memasang yang tidak tepat, cara menyimpan yang salah, serta berbagai kesalahan teknis lainnya adalah beragam penyebab utama kerusakan partisi geser. Untuk hal itu, memang dibutuhkan semacam prosedur yang tepat dan sesuai kebijakan pabrik dalam sistem pengoperasiannya.

Metode Penyimpanan yang Tepat

Menumpuk panel partisi geser secara serampangan tentu saja adalah cara menyimpan yang keliru. Untuk membuat fungsinya tetap normal dan prima, penyimpanan partisi geser pun harus sesuai dengan standard operation procedure yang sesuai. Penumpukan partisi geser yang  dilakukan secara tidak teratur tanpa memperdulikan kapasitas bobot yang bisa diemban oleh panel partisi itu sendiri tentu saja sangat tidak dianjurkan.

Jadi pada teknik penyimpanan ini, lakukan sesuai dengan SOP dari pabrik partisi yang memang disesuaikan dengan kondisi dan daya tahan papan partisi itu sendiri. Apakah partisi dibiarkan terlipat satu-satu dengan tetap berdiri simetris, ataukah dapat disandarkan pada dinding permanen dan jumlah penumpukan yang telah ditetapkan.

Lakukan Perbaikan Segera Ketika Terjadi Kerusakan

Setelah melakukan perawatan dan prosedur pengoperasian yang sesuai, maka langkah terakhir adalah dengan segera melakukan perbaikan pada movable partition seumpama ditemukan adanya kerusakan. Rangka yang mengalami bend, panel yang mungkin terdapat keretakan, atau pun misalnya roda-roda gir yang tidak dapat berputar sesuai fungsinya. Jika permasalahan seperti ini ditemukan, maka segeralah untuk melakukan perbaikan.

 

About Author

0 Comment

SUBMIT COMMENT HERE

:*
:*