Atur Pencahayaan Dalam Ruangan

Solusi Mudah Atur Pencahayaan Dalam Ruangan Dengan Horizontal Blind

  • No Comments

Saat ini penggunaan window blind kian diminati banyak kalangan. Tak hanya untuk hunian, tirai ini juga pas dipasang di area perkantoran. Apalagi harganya yang tergolong murah, tentu menambah minat banyak orang. Bicara soal harga, hal itu bergantung pada model, komponen, dan bahan pembuat tirai. Model yang palling sering dijumpai adalah horizontal. Dengan alat pengatur pembuka/penutup otomatis maupun manual, dan bahan yang digunakan bervariasi, ada yang dari layar proyektor hingga kayu. Faktor-faktor itulah yang menyebabkan bervariasinya masalah harga.

Sistem Pengatur Window Blind dan Bahan Horizontal Blind

Window blind memiliki sistem pengoperasian yang sangat parktis dan bisa lebih praktis karena menerapkan sistem yang berbeda pada setiap model tirai. Ini terletak pada bagian pengatur (pembuka dan penutupnya) yang biasanya terletak di samping atau bagian bawah tirai. Pertama yaitu sistem spring yang mana pengaturnya ada di bagian bawah tengah tirai. Jadi, saat ingin membuka Anda tinggal menarik pengaturnya, maka otomatis tirai akan menggulung sendiri secara perlahan. Sebaliknya saat ingin menutup, Anda tinggal menarik tali pengatur ke bawah.

Selanjutnya adalah sistem chain (rantai). Hampir sama seperti spring, bedanya sistem chain ini tali pengaturnya ada di bagian samping tirai. Pada bagian atas terdapat seperti katrol, sebagai tempat pergerakan rantai. Jika ingin membukanya, Anda hanya tinggal menarik tali hingga ketinggian tertentu. Lalu saat ingin membuka, tinggal menarik sisi tali yang lain. Kurang lebih cara kerjanya mirip seperti katrol tali pada sumur.

Jika ingin yang lebih sederhana ada sistem engkol. Biasanya pengatur tersebut ada pada bagian samping tirai dan biasanya diaplikasikan untuk model horizontal blind. Tinggal memutar engkolnya, Anda bisa menyesuaikan seberapa banyak cahaya matahari yang masuk. Sedangkan untuk bahannya tipe horizontal sering dijumpai dibuat dari bahan plastik dan bambu. Namun, tak jarang ada produsen yang menyediakan pilihan dari bahan metal, vinyl, kayu, dan masih banyak lagi.

Fungsi Window Blind

Selain untuk keindahan ruangan, window blind memiliki fungsi lain yaitu untuk melindungi Anda dari paparan sinar matahari berlebihan yang masuk ke dalam ruangan. Dengan memasang tirai jendela, Anda bisa mengatur seberapa banyak intensitas sinar matahari yang masuk sehingga kondisi kesehatan tidak terganggu. Ini karena terik matahari di atas jam 10 pagi dapat menyebabkan gangguan kesehatan kulit. Sebaliknya jika ingin mendapatkan manfaat sinar matahari, pada pagi hari buka semua tirai dan biarkan paparannya menyinari. Itu akan menyehatkan karena sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D.

Tentunya itu jauh lebih mudah dan praktis daripada Anda menggunakan tirai (gorden) kain. Anda tidak bisa benar-benar menutup atau membukanya karena akan meninggalkan kesan tidak rapi. Belum lagi perawatannya yang sulit karena harus lepas pasang untuk mencuci dan membersihkan. Tak seperti roller blind yang jika kotor cukup dilap dengan kain bersih dan jika ingin lebih maksimal Anda bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkannya.

Sekiranya kalau Anda tertarik dengan tirai gulung ini, segera hubungi tempat yang jual horizontal blind atau tipe tirai lainnya yang terpercaya. Pastikan memilih tirai yang bagus dan sudah terjamin mutunya seperti merek onna. Jika kebingungan, konsultasikan saja dengan penjualnya supaya Anda diberikan rekomendasi roller blind sesuai dengan selera, kebutuhan, dan anggaran yang dimiliki. Itulah sekilas mengenai tirai gulung ini, semoga bermanfaat dan menginspirasi.

About Author

0 Comment

SUBMIT COMMENT HERE

:*
:*