Menambahkan Tingkat Lantai Baru Pada Gedung

5 Tahap Dalam Perencanaan Menambahkan Tingkat Lantai Baru Pada Gedung

  • No Comments

Jika melihat lingkungan perkotaan, maka kita akan disuguhkan dengan pemandangan gedung-gedung tinggi pencakar langit. Di kota-kota besar seperti di ibu kota, hampir setiap gedung seakan berlomba untuk menambahkan lantai, bahkan banyak gedung yang telah mencapai hingga lantai 30. Kebutuhan akan pembangunan gedung-gedung bertingkat semakin bertambah setiap tahunnya, khususnya bagi perusahaan yang membutuhkan ruang atau tempat sebagai sarana dan fasilitas bekerja. Hal ini menjadi suatu peluang dan keuntungan tersendiri bagi para jasa kontraktor di Indonesia terutama di kota-kota besar. Jasa kontraktor akan senantiasa membantu pelaksanaan pembangunan gedung bertingkat dari awal perencencanaan hingga selesainya pembangunan.

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menambah Jumlah Lantai Gedung

Dalam melakukan renovasi kantor, pembangunan yang sering dilakukan yaitu penambahan lantai gedung, hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah melainkan banyak hal yang harus dilakukan sebelum pelaksanaan dilakukan. Hal ini akan membantu proses pembangunan berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang efektif. Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membuat Perencanaan Budget

Setiap pembangunan dan renovasi suatu bangunan membutuhkan biaya yang tak sedikit, sebaiknya kita harus melakukan perancanaan anggaran biaya atau budget. Seperti yang kita ketahui bahwa bahan-bahan bangunan memiliki harga yang tinggi dan sangat beragam, maka melakukan perencanaan biaya atau budget akan membantu pengeluaran biaya terkontrol dengan baik dan beban biaya yang dikeluarkan dapat digunakan dengan efektif.

2. Membuat Suatu Konsep dan Desain

Saat ini renovasi kantor sedang marak dilakukan oleh banyak kalangan, terutama gedung-gedung perkantoran di kota-kota besar yang melakukan penambahan lantai pada bangunannya. Hal yang paling penting sebelum melakukan penambahan lantai gedung yaitu harus membuat dan menetapkan suatu konsep dan desain dengan tepat. Adanya konsep dan desain yang tepat akan membantu pekerjaan kontruksi berjalan dengan baik dan maksimal.

Baca juga: Daftar Harga Lantai Granit Indogress Terbaru 2019

3. Menentukan Jenis Material yang Tepat

Dalam dunia kontruksi terdapat berbagai macam jenis material bangunan yang menjadi bahan pokok utama pembangunan. Seperti misalnya beton, batu bata, semen, dan lain sebagainya. Untuk menambahkan lantai pada suatu bangunan, sebaiknya kita harus menentukan jenis-jenis material yag tepat dan berkualitas. Hal ini sangat penting guna terciptanya lantai gedung yang kokoh dan aman bagi para penghuninya.

4. Melakukan Pengecekan Struktur Bangunan

Sebelum melakukan renovasi kantor atau membangun lantai bertingkat suatu gedung, kita harus melakukan pengecekan terlebih dahulu pada setiap struktur bangunan terutama pada bangunan inti. Hal ini dilakukan guna pelaksanaan pembangunan dapat berjalan lancar tanpa mempengaruhi kualitas struktur bangunan lain. Misalnya terdapat kebocoran saluran air atau adanya retak pada lantai dasar, hal ini akan sangat berbahaya bila pelaksanaan pembangunan tetap dilakukan. Dengan adanya pengecekan struktur bangunan kita akan mengetahui bagian-bagian yang rusak untuk kemudian diperbaiki terlebih dahulu.

5. Memberikan Perhatian Pada Kebutuhan Pokok Gedung

Bangunan atau gedung memiliki kebutuhan-kebutuhan pokok, seperti kebutuhan akan saluran air bersih, kebutuhan sirkulasi udara, dan juga listrik. Dalam melakukan pembangunan lantai gedung sebaiknya memperhatikan kebutuhan-kebutuhan pokok nya, pastikan agar setiap lantai yang dibangun memiliki tempat sirkulasi udara dan cahaya yang baik, mendapatkan air yang bersih, serta kualitas listrik dengan baik. Hal-hal penting tersebut harus diperhatikan agar suatu gedung memiliki kualitas yang baik dan dapat memberikan kenyamanan bagi setiap penghuninya.

About Author

0 Comment

SUBMIT COMMENT HERE

:*
:*